Rabu, 17 Maret 2010

*) Tinjauan Geologi Dalam Sejarah




ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang secara keseluruhan. Hal ini dalam kaitan dengan sejarah adalah untuk mengetahui dan memahami:
- Asal Usul Bumi
- Umur dan Perkembangan Kondisi Bumi
- Awal Kehidupan Makhluk Hidup
- Dilapisan mana dan Kapan Awal Keberadaan Manusia

1. ZAMAN ARKHAEKUM ( Zaman Awal Bhumi )
Diperkirakan para ahli geologi 2500 Juta tahun lalu, dengan kondisi Bumi antara lain :
- Bumi masih sangat panas , Bumi Belum Stabil
- Temperatur masih berubah-ubah
- Belum ada tanda kehidupan

2. PALAEOZOIKUM ( ZAMAN PRIMER )
Artinya zaman tua awal dimana mulai ditemukan fosil-fosil makhluk hidup bersel satu atau yang disebut "Micro Organisme" yang diperkirakan ada 340 Juta tahun lalu. Dengan kondisiBumi antara lain :

- Bhumi mulai menurun temperaturnya memungkinkan mkhluk hidup berkembang.
- Mulai adanya makhluk bersel satu yang bisa berkembang pesat terutama hidup di air.
Contoh makhluk hidup micro organisme tersebut antara lain binatang yang hidup seperti : reptil, ampibi, reptil dan binatang binatang tidak bertulang belakang

3.Zaman MESOZOIKUM ( ZAMAN SEKUNDER / zaman pertengahan)
Pada zaman ini makhluk hidup berupa micro Organisme mulai berkembang pesat dan terjadi
" hukum rimba " dimana yang besar memakan yang kecil dan yang menang tumbuh menjadi binatang raksasa (dinasaurus). Oleh sebab itulah masa ini oleh para ahli dikenal sebagai zamankedua kehidupan yang menurut para Geolog terjadi 140 juta tahun yang lalu. Kondisi Bumi waktu itu memungkinkan makhluk hidup termasuk tumbuh-tumbuhan berkembang pesat, maka banyak binatang dinosaurus dan Atlantosaurus yang muncul antara lain :

- Pterodactyl - Tyrannosaurus
- Temnodentosaurus - Phorusrhacos
- Dhinotherium - Mommoth
- Diprotodon - Ambulocetus
- Vilociraptor dsbnya.

4. Zaman NEOZOIKUM ( zaman bumi baru )
Zaman ini menurut para Geolog terjadi dua perkembangan tumpukan lapisan bhumi (2 lapisan) :
1. Pada Lapisan TERSIER yang diperkirakan Geolog 60 juta tahun yang lalu - Masa itu disebut juga zaman ketiga artinya mulai berkembang mackhluk hidup ketiga dari kebedaan sebelumnya yaitu mulai ada jenis primat (kera-kera )
2. Pada Lapisan KUARTER disebut juga zaman ke empat karena berdasar fosil yang ditemukan mulai ada jenis`makhluk hidup perubahan dari primat menjadi manusia kera-Pithecan ( Inilah label Lahirnya Teori Charles Darwin yang dikenal dengan "teori Evolusi-Darwin) artinya Makhluk manusia kera dan masih ada sifat kebinatangan yang dalam perkembangannya menjadi Manusia Sempurna atau Homo sapiens )
Karena Jenis " Fosil " yang berupa tengkorak dan letaknya yang berbeda, maka dalam penelitian dan pemikiran para ahli Geolog, Antropolog dan palaenthropolog membagi Lapisan Kuartier ini menjadi 2 bagian :
a. bagian Plestocen (Dilluvium) - 600.000 tahun yang lalu disinilah fosil manusia kera yang ditemukan jenis,bentuk,volume otaknya dan letaknya berbeda :
1. plestocen bawah ( tua - Food Gethering ), jenisnya al.: Meganthropus Palaeo javanicus, Pithecanthropus Mojokertotensis.
2. plestocen tengan ( Madya - Semi Food Gethering , jenisnya : Pithecanthropus Erectus, Pithecanthropus Robuntus
3. plestocen atas ( mudah - Food Producing),jenisnya : Homo Wajakensis, Homo Soloensis.

b. bagian Holocen ( masa Aluvium) kira-kira 20.000 tahun lalu yang menurut penelitian, hasil pemikiran logika para ahli Geologi, Anthropolog dan palaenthropolog mulai terjadi perubahan-perubahan, tingkah laku dan tingkat kecerdasan- volume otaknya manusia waktu itu yang dikenal sebagai jenis Manusia "Homo Sapien" ( manusia yang bijak dan sempurna ).

Manusia Purba ( Pithecan )

anambintar@gmail.com
Awal manusia tinjauan Ilmu lho ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar